KIAT-KIAT SYAR’IYAH UNTUK PENCEGAHAN DARI TERKENA SIHIR

๐Ÿ“KIAT-KIAT SYAR’IYAH UNTUK PENCEGAHAN DARI TERKENA SIHIR

Judul asli:

ุงู„ูˆู‚ุงูŠุฉ ู…ู† ุงู„ุณู‘ูุญุฑู ูˆุงู„ุนู„ุงุฌ ู…ู†ู‡

ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…
ุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ ูˆุญุฏู‡ ูˆุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ู‰ ู…ู† ู„ุง ู†ุจูŠ ุจุนุฏู‡ ูˆุนู„ู‰ ุขู„ู‡ ูˆุตุญุจู‡ ูˆุณู„ู… ุชุณู„ูŠู…ุงู‘ ูƒุซูŠุฑุงู‹ ู…ุฒูŠุฏุงู‹ ุฅู„ู‰ ูŠูˆู… ุงู„ุฏูŠู† ุฃู…ุง ุจุนุฏ :

Sebagaimana kita ketahui bahwa mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. Berangkat dari hal ini, saya ingin berbagi lagi mengenai kiat-kiat agar kita, dengan izin Allah ุณุจุญุงู†ู‡ ูˆุชุนุงู„ู‰, kita bisa terhindar dari sihir dan dari semua keburukan secara umum.

Kiat-kiat ini saya terjemahkan dari nasehat Syeikh bn Baz ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ketika beliau ditanya tentang sihir. Dalam tulisan ini ada beberapa kiat yang saya tambahkan dan itu sangat prinsif sekali sehingga perlu saya tambahkan.

Adapun kiat-kiat yang dapat mencegah kita untuk terkena sihir diantaranya adalah:

1. Menjaga tauhid yang benar.

2. Menjaga wudhu dan shalat lima waktu dengan baik dan benar.

3. Menjaga ketaqwaan kepada Allah.

4. Selalu membasahi lidah dengan istiqfar dan zikir-zikir umum.

5. Membentengi diri dengan zikir-zikir pagi dan petang. Waktunya dibaca setelah shalat shubuh dan ashar sebelum tenggelam matahari.

Membaca surah Albaqarah:255 (ayat kursi), Al Ikhlas, Al falaq dan An-Nas setiap selesai shalat lima waktu dan dibaca setelah membaca zikir-zikir setelah shalat wajib. Setelah shalat zhuhur, ashar dan Isya masing-masing di baca 1x. Sedangkan setelah shalat shubuh dan magrib ayat kursi dibaca 1x dan Surah Al Ikhlas, Al falaq dan An-Nas masing-masing dibaca 3x.

6. Mewiridkan zikir-zikir sebelum tidur yaitu dengan cara:

1. Wudhu
2. Membaca tasbih 33x, tahmid 33x, takbir 34.
3. Membaca ayat kursi 1x
4. Membaca Albaqarah:284-286
4. Dekatkan kedua telapak tangan ke mulut seperti orang berdo’a lalu tiup, dan baca surah A Ikhlas, Al falaq, An-Nas masing-masing 1x lalu usapkan keseluruh tubuh yang dapat dijangkau mulai dari muka dan kepala. Lakukan cara ini 3x. Catatan: Cara dari 1-4 ini dilakukan sebelum berbaring.

7. Lalu berbaring dan telapak tangan kanan ditaruh dipipi kanan dan berbaringlah dengan lambung kanan sambil membaca:

ุจูุงุณู’ู€ู…ููƒูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฃูŽู…ููˆู’ุชู ูˆูŽุฃูŽุญู’ูŠูŽุง

โ€œDengan Nama-Mu, ya Allah, aku mati dan aku hidup.โ€(HR. Al-Bukhari).

8. ุจูุงุณู’ู…ููƒูŽ ุฑูŽุจู‘ููŠู’ ูˆูŽุถูŽุนู’ุชู ุฌูŽู†ู’ุจููŠู’ุŒ ูˆูŽุจููƒูŽ ุฃูŽุฑู’ููŽุนูู‡ูุŒ ููŽุฅูู†ู’ ุฃูŽู…ู’ุณูŽูƒู’ุชูŽ ู†ูŽูู’ุณููŠู’ ููŽุงุฑู’ุญูŽู…ู’ู‡ูŽุงุŒ ูˆูŽุฅูู†ู’ ุฃูŽุฑู’ุณูŽู„ู’ุชูŽู‡ูŽุง ููŽุงุญู’ููŽุธู’ู‡ูŽุง ุจูู…ูŽุง ุชูŽุญู’ููŽุธู ุจูู‡ู ุนูุจูŽุงุฏูŽูƒูŽ ุงู„ุตู‘ูŽุงู„ูุญููŠู’ู†ูŽ

โ€œDengan Nama-Mu (aku tidur), wahai Rabb-ku, aku meletakkan lambungku. Dan dengan Nama-Mu pula aku bangun daripadanya. Apabila Engkau mencabut nyawaku, maka berikanlah rahmat-Mu padanya. Dan apabila Engkau membiarkan hidup, maka peliharalah, sebagaimana Engkau memelihara hamba-hamba-Mu yang shalih.
Keterangan: Rasulullah shallallaahu โ€˜alaihi wasallam bersabda: โ€œApabila seseorang di antara kalian bangkit dari tempat tidurnya kemudian ingin kembali lagi, hendaknya ia mengibaskan ujung kainnya 3x dan menyebut Nama Allah, karena ia tidak tahu apa yang ditinggalkannya di atas tempat tidur selelah ia bangkit. Apabila ia ingin berbaring, maka hendaklah ia membaca: โ€˜Bismika Rabbiโ€ฆโ€™โ€œ.( HR. Al-Bukhari).

9.ุงูŽู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฃูŽุณู’ู„ูŽู…ู’ุชู ู†ูŽูู’ุณููŠู’ ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒูŽุŒ ูˆูŽููŽูˆู‘ูŽุถู’ุชู ุฃูŽู…ู’ุฑููŠู’ ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒูŽุŒ ูˆูŽูˆูŽุฌู‘ูŽู‡ู’ุชู ูˆูŽุฌู’ู‡ููŠูŽ ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒูŽุŒ ูˆูŽุฃูŽู„ู’ุฌูŽุฃู’ุชู ุธูŽู‡ู’ุฑููŠู’ ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒูŽุŒ ุฑูŽุบู’ุจูŽุฉู‹ ูˆูŽุฑูŽู‡ู’ุจูŽุฉู‹ ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒูŽุŒ ู„ุงูŽ ู…ูŽู„ู’ุฌูŽุฃูŽ ูˆูŽู„ุงูŽ ู…ูŽู†ู’ุฌูŽุง ู…ูู†ู’ูƒูŽ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒูŽุŒ ุขู…ูŽู†ู’ุชู ุจููƒูุชูŽุงุจููƒูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ ุฃูŽู†ู’ุฒูŽู„ู’ุชูŽ ูˆูŽุจูู†ูŽุจููŠู‘ููƒูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ ุฃูŽุฑู’ุณูŽู„ู’ุชูŽ.

โ€˜Ya Allah, aku menyerahkan diriku kepada-Mu, aku menghadapkan wajahku kepada-Mu, aku serahkan semua urusanku kepada-Mu, aku menyandarkan punggungku ke-pada-Mu. Karena mengharap dan takut kepada-Mu. Sesungguhnya tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari (ancaman)-Mu kecuali kepada-Mu. Aku beriman kepada Kitab yang Engkau turunkan dan kepada Nabi yang Engkau utus.โ€
Keterangan: Nabi shallallaahu โ€˜alaihi wasallam bersabda: โ€œApabila engkau mati pada malam itu, maka engkau mati diatas fitrah (Islam). Dan jadikanlah kalimat (dzikir) itu sebagai kalimat terakhir yang engkau ucapkan.โ€ (HR. Al-Bukhari).

10. Menjaga zikir keluar dari rumah.

Dari Anas bin Malik ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ,Nabi ุตู„ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… bersabda,

ุฅูุฐูŽุง ุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ู ู…ูู†ู’ ุจูŽูŠู’ุชูู‡ู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุชูŽูˆูŽูƒู‘ูŽู„ู’ุชู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู„ุงูŽ ุญูŽูˆู’ู„ูŽ ูˆูŽู„ุงูŽ ู‚ููˆู‘ูŽุฉูŽ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุจูุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ยซ ูŠูู‚ูŽุงู„ู ุญููŠู†ูŽุฆูุฐู ู‡ูุฏููŠุชูŽ ูˆูŽูƒููููŠุชูŽ ูˆูŽูˆูู‚ููŠุชูŽ ููŽุชูŽุชูŽู†ูŽุญู‘ูŽู‰ ู„ูŽู‡ู ุงู„ุดู‘ูŽูŠูŽุงุทููŠู†ู ููŽูŠูŽู‚ููˆู„ู ู„ูŽู‡ู ุดูŽูŠู’ุทูŽุงู†ูŒ ุขุฎูŽุฑู ูƒูŽูŠู’ููŽ ู„ูŽูƒูŽ ุจูุฑูŽุฌูู„ู ู‚ูŽุฏู’ ู‡ูุฏูู‰ูŽ ูˆูŽูƒูููู‰ูŽ ูˆูŽูˆูู‚ูู‰ูŽ.

โ€œJika seseorang keluar rumah, lalu dia mengucapkan โ€œBismillahi tawakkaltu โ€˜alallah, laa hawla wa laa quwwata illa billahโ€ (Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya), maka dikatakan ketika itu: โ€œEngkau akan diberi petunjuk, dicukupkan dan dijagaโ€. Setan pun akan menyingkir darinya. Setan yang lain akan mengatakan: โ€œBagaimana mungkin engkau bisa mengganggu seseorang yang telah mendapatkan petunjuk, kecukupan dan penjagaan?!โ€ (HR. Abu Daud dan Tirmidzi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

11. Membaca kalimat tammah di tempat tujuan terlebih di tempat -tempat yang ditakuti /angker.

ุฃุนูˆุฐ ุจูƒู„ู…ุงุช ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุชุงู…ุงุช ู…ู† ุดุฑ ู…ุง ุฎู„ู‚.

A’udzu bikalimaatillahi tammati min syarri maa kholaq.
“Aku mohon perlindungan dengan kalimat Allah yang sempurna dari semua keburukan yang telah diciptakan”.(RH.Muslim).

Demikianlah tulisan singkat ini dan semoga bermamfaat. Aamiiiin.

ูˆุตู„ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ู‰ ู…ุญู…ุฏ ูˆุขู„ู‡ ูˆุตุญุจู‡ ูˆุณู„ู…ุŒูˆุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ ุฑุจ ุงู„ุนุงู„ู…ูŠู†.ูˆุงู„ู„ู‡ ุงุนู„ู….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *